Menggapai Mimpi Kedua

Tips Mengajar Anak Membaca

Posted on: Mei 1, 2008

Siapa yang tidak ingin melihat buah hatinya bisa membaca saat mereka masih balita?
Hampir semua orangtua mendambakan mimpi itu. Tidak jarang orangtua mengkursuskan si bayi agar bias membaca. Banyak orangtua dengan berbagai cara memberikan tips jitu agar anaknya cepet-cepet bias membaca. Mulai membelikan flas card, menempel poster-poster huruf dan bahkan membacakan buku bagi merela.
Adakah yang salah dari uraian di atas?
Mimpi seorang ibu melihat anak kebanggaannya bias membaca di usia dini memang tidak salah. Usaha orangtua agar anak balitanya bias membaca juga tidak salah. Dimana letak salahnya?
Yang salah adalah cara atau metodenya. Karena cepat-cepat ingin melihat hasil, orangtua sering melupakan aspek metode. Karena ingin ‘pamer’ kecerdasan anak orangtua sering menggenjot sang anak dengan berbagai metode.
Terkadang orangtua lupa bahwa balita itu tidak sama dengan anak sekolah. Seringnya orangtua lupa bahwa balita itu bukan dewasa dengan tubuh kecil.
Karena kesalahan ini (atau karena tidak tahu karakter anak balita ya?) orangtua malah membuat anak frustasi dan stress. Akibat fatalnya anak akan mengalami gangguan perkembangan dan kesulitan belajar.
Oleh karenanya perlu diingat keinginan kuat mewujudkan mimpi harus diiringi dengan pengetahuan yang benar tentang metode dan tentang psikologi perkembangan.
Jika orangtua benar dalam metode dan paham akan psikologi anak, tidak mungkin sang anak bias membaca di usia 4 tahun.
Ingin bukti?
Lihat halaman selanjutnya

Seorang teman pernah bercerita, anaknya sudah bias membaca di usia 4 tahun. Sang anak sekarang sedang ‘gila’ membaca. Apa saja yang ada bacaan, pasti dibaca sang anak. Bagaimana cara orangtua membelajarkan anak membaca. Berikut beberapa tips (ada banyak tips lain yang berbeda, jadi cari yang terbaik) :
jangan membuat target. Biarkan anak mengalir. Tugas orangtua adalah menyediakan sarana serta memberikan dukungan.
tahap awal, kenalkan dulu huruf. Setelah hafal, pertajam anak dengan melakukan ‘pengamatan’ huruf di buku, di kartu, atau di mana saja ada hurufnya.
tempelkan kata-kata ‘ayah’ ‘bapak’ ‘ibu’ mama’ ‘nama anak’ di tempat-tempat strategis yang akan selalu dilihat anak.
JIka sudah hafal, perkenalkan dengan temannya. Misalkan ba , bi , bu , be , bo , dll dalam sebuah kata. Biasakan anak untuk menghafal nya. Tentu dalam kondisi yang menyenangkan.
lakukan terus menerus. Ingat!! Jika anak kelihatan bosan jangan diteruskan, jangan dituntut. Berhenti sebentar. Terus cari momen terbaik
jangan lupa belikan buku yang gambarnya menarik. Bacakan selalu buku itu. Ajarkan anak untuk menyukai buku.
belikan mainan yang ada huruf atau kata-kata yang mudah dieja anak.
suatu saat Anda akan terkejut anak Anda tiba-tiba bias mengeja.
Buktikan!!!
Jika Anda ingin diskusi lebih lanjut Kami tunggu email Anda di : gapai.mimpi@yahoo.com

17 Tanggapan to "Tips Mengajar Anak Membaca"

Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!http://www.infogue.com

Immune says : I absolutely agree with this !

Selain dapat membaca di usia dini, anak juga dapat menguasai dua bahasa bahkan lebih di usia yang sama. Banyak metode yang dapat digunakan, berikut ini sedikit saya “bocorkan.” (PERTAMA) Metode AI (ayah-ibu). Ayah menggunakan bahasa satu (B1) dan ibu menggunakan bahasa dua (B2). (KEDUA) Metode IO (in-out). Orang tua di rumah menggunakan B1 anak mempelajari B2 dari lingkungan tempat tinggalnya. (KETIGA) Metode AIO (ayah-ibu-out) ayah menggunakan B1, ibu menggunakan B2, dan anak mempelajari B3 dari lingkungan. Selamat mencoba.

Ini PR saya ustadz….
Doain ya….

Trima kasih..
Atas tips’y??

yups, thats correct,,,,give me more info

sarannya bagus ,saya suka .saya slalu belikan buku yg menarik kpda anak sya,tpi knapa dia selalu malas diajak bljr membaca y?

semoga anak didik saya sesuai dengan metode saya, ksrena saya sudah carikan yang sesuai pada nya… doakan yaaaaaaaaa …..

TQ ya sangat bagus artricel nya…
tp anak sy sudah mengenal hurup tp malas
membaca gimana ya….

artikelnya bagus banget,saya jadi ada sedikit p’ngetahuan tuk ngajarin anak. mungkin selama ini cra saya mendidik anak kurang tepat sehingga hasilnya pun ga maximal.
mo tanya juga nih tips untuk anak usia sekolah ???
saya sering terbawa emosi kalau si anak susah menyerap pelajaran.
tank’s sebelumnya tuk infonya…

anak aq sulit bnget tuk membaca/m’ingat. huruf per huruf dia hafal. tp stelah huruf di gabungkn. kesulitan untk mbaca. anak aq umur 6thn (klas 1 SD). Ada tips khusus gk buat anak aq yg sulit tuk m’ingat n mencerna kalimat. Sangat perharap tips-tips nya. Thanks.

Sy ingin tau contoh fakta anak ingin bljr membaca,dapat bljr membaca,sedang bljr membaca&harus bljr membaca.tnx

Hai… salam kenal ..
Menarik sekali artikel anda. Saya sangat kagum akan kepedulian anda pada dunia anak-anak. Saya juga punya sebuah blog yang berisikan segala hal tentang dunia anak-anak…
Lagu Anak
Pendidikan Kreatif untuk anak
Tips Parenting (Dari ortu kepada anak)
Dongeng moral anak..
Dan masih banyak lagi..
Silakan kunjungi blog saya…
Ada di http://lagu2anak.blogspot.com
Bila berkenan, mari bertukar link..
Terima kasih

aku masih kesulitan mengajarkan anak didik ku yang sudah masuk bangku SD tapi masi buta huruf… gimana yah cara cepat mengajarkannya?

anaku dah 6 th,aku pengen anakku itu ky anak2 yg lain,cpt bs klu di ajrin,tiap hr aku ajarin tp knp lupa mlulu,gmn yah solusinya byr gk lupa,sblmy mksh

Tadinya saya tidak tau bagaimana caranya mengenalkan alphabet dan huruf hijaiyah pada anak. Satu hal yang saya tahu adalah anak saya mampu memberikan respon bahkan saat usia 6 bulan jika saya memperlihatkan video. Responnya sangat jelas karena dia terus mengamati gambar yang ada di tivi. Ketika menonton tivi trus saya panggil dari jarak dekatpun dia mengabaikan saya. Ini mempermudah tugas saya sebagai seorang ibu. Setiap hari saya memperlihatkan kaset tentang huruf2 karena sampai usia 2 tahun anak belum begitu banyak pilihan. Namun setelah 2 tahun dia mulai milih milih mana kaset yang mau disetel. Tapi hasil dari melihat kaset alphabet dan huruf hijaiyah pada usia sebelum dua tahun memberikan pengaruh yang besar. Pada usia 3 tahun anak saya sudah mengenal hampir semua huruf alphabet serta sebagian huruf hijaiyah. Di samping itu saya juga menempel huruf huruf tersebut di dinding kamar sehingga anak saya bisa melihatnya setiap hari. Jadi setiap melihat tulisan itu anak saya menanyakan”huruf apa ini????”……. Tidak ada tekanan sama sekali buat si anak untuk belajar membaca. Sesekali saya arahkan untuk membaca huruf hijaiyah,itupun anak juga melakujannya dengan gembira. Jadi tidak alasan lagi untuk tidak mengenalkan anak membaca di usia dini.

Saya mengasuh keponakan saya dari umur 6 bulan.pada umur 2 tahun keponakan saya sudah menghafal sekitar 15 kosa kata bahasa inggris dan sekitar3 lagu berbahasa inggris…ketika berumur 3 tahun saya mengajarkan baca kepada keponakan saya dan angka..memang saya sangat disiplin…setahun saya mengajarkan keponakan saya membaca berhitung dan bahasa inggris…dan umur 4 tahun keponakan saya bisa membaca koran, majalah,bahkan berhitung sampai ratusan dengan sistem rumit dan perkalian 1 sampai 5 dihafal..keponakan saya masuk sd umur 4 tahun 10 bulan..awalnya saya ragu..saya bilang kepada kepseknya jika gagal jangan di terima biarkan dia tk saja..ternyata dia lolos bahkan masuk kelas unggulan sampai sekarng dang selalu masuk ranking 7 besar melawan teman temannya yg lebih tua dari pada dia…sekarang saya mengasuh adiknya..tetapi adikknya harus diajarin orang lain dahulu baru saya yang mengajarkan..jika saya disiplinkan dia,tidak bisa seperti kakaknya…dan saya kewalahan dengan adiknnya..beda dengan kakaknya.sekarang adiknya umur 4 tahun dan belum bisa baca dan hafal angkka.apa yg harus saya lakukan.say mohon sarannya..terima kasih

Berikan Balasan

Bersama Buah Hati

Qoniah Zaina MILLADUNKA

Kumpulan Tulisanku

PROGRAM UTAMA

Meninggal Dengan Karya. Sebuah program yang akan membantu Anda untuk bisa menghasilkan satu karya yang bermanfaat untuk orang lain. Bersama, kita hasilkan sebuah karya untuk bekal akherat. Jika detik ini Anda dipangil Allah. Kemudian ditanya : Karya Apa Yang Pernah Kamu Buat Untuk Orang Lain? Bisakah Anda menjawabnya .. Gabung bersama Program ini, Anda akan bisa menghasilkan sebuah karya hebat Anda yang bisa Anda jadikan jawaban pertanyaan di atas kelak di AKHERAT. Insya Allah. GRATIS wallpaper Program ini. Selain dalam bentuk ebook, kami berikan program ini dalam bentuk WALLPAPER untuk PC Anda. Buruan!!
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

