Menggapai Mimpi Kedua

Merancang Kesuksesan Sejak SD

Posted on: Februari 7, 2009

Bisakah kita merancang masa depan anak kita sejak dari SD atau bahkan sejak dari SMP? Jawabnya adalah BISA. Bagaimana caranya? Inilah gagasan saya tentang hal itu …

Langkah pertama : FOKUSKAN. Tanyakan kepada anak Anda tentang impian dan cita-cita mereka. pada umumnya anak akan menjawab dengan [pengetahuan terbatas yang ia miliki, ciri umunya adalah anak akan menyebut cita-citanya lebih dari satu. Atau tanyakan alasannya, biasanya mereka akan menjawab ingin meniru orang yang ia kenal, atau karena teman-temannya memilih hal itu. Saya pernah mengadakan penelitian kecil untuk mengetahui hal itu dan ternyata kurang dari 5% anak yang sudah fokus dan terperinci cita-citanya. Sisanya 95% masih belum bisa meraba, masih ikut-ikutan. Langkah pertama adalah FOKUSKAN. Artinya, bicarakan dengan anak, diskusi dengan anak apa sebenarnya yang akan mereka capai saat mereka besar. Jelaskan profei-profesi itu (Terkadang pengetahuan anak sangat terbatas). Diskusi dan jelaskan sedetil-setilnay sehingga anak memiliki gambaran jelas tentang keinginanannya. Jika perlu (ini sangat memiliki efek HEBAT), temukan anak Anda dengan contoh langsung yang sesuai profesi. Kenalkan anak Anda dengan mereka. Buatlah sebuah poster besar dan tulis impian atau cita-cita anak Anda, tulis dengan spidol warna warni. Insya Allah, impian anak Anda akan TERFOKUS dan BEREFEK HEBAT.

Langkah Kedua : Kenalkan Strategi Mencapainya. Katakan kepada anak Anda, “NAk untuk mencapai cita-cita kita harus tahu jalan dan stategi untuk mencapainya. Kemana harus sekolah atau kuliah, harus kerja apa, harus mempersiapkan apa.” Jelaskan cara mencapainya secara detil. Biarkan anak mencerna jalan strategi itu. Rincikan strategi itu dari SD, SMP, SMU/STM, Kuliah atau kerja dan selanjutnya. Buatlah juga poster itu dengan penuh warna warni. Tempelkan poster itu pada tempat strategis yang bisa selalu dilihat anak.

OK, dua langkah ini dulu kita lakukan tunggulah satu atau dua bulan, apa dampaknya. Karena untuk merancang sukses masih ada 3 jalan lagi. Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bersama Buah Hati

Qoniah Zaina MILLADUNKA

Kumpulan Tulisanku

PROGRAM UTAMA

Meninggal Dengan Karya. Sebuah program yang akan membantu Anda untuk bisa menghasilkan satu karya yang bermanfaat untuk orang lain. Bersama, kita hasilkan sebuah karya untuk bekal akherat. Jika detik ini Anda dipangil Allah. Kemudian ditanya : Karya Apa Yang Pernah Kamu Buat Untuk Orang Lain? Bisakah Anda menjawabnya .. Gabung bersama Program ini, Anda akan bisa menghasilkan sebuah karya hebat Anda yang bisa Anda jadikan jawaban pertanyaan di atas kelak di AKHERAT. Insya Allah. GRATIS wallpaper Program ini. Selain dalam bentuk ebook, kami berikan program ini dalam bentuk WALLPAPER untuk PC Anda. Buruan!!
%d blogger menyukai ini: