Menggapai Mimpi Kedua

Kekerasan di Sekolah, dan sebuah solusinya.

Posted on: Februari 26, 2009

miris sekali hati ini saat melihat berita beberapa hari ini. Berita berisi kekerasan di sekolah-sekolah marak disiarkan. Ada yang antar siswa ada guru kepada siswa. Ada apa dengan pendidikan kita? Adakah Islam mempunyai solusinya? Berikut ini salah satu usulan yang bisa dijadikan bahan renungan bersama, kalau mungkin bisa diterapkan khususnya di sekolah-sekolah Islam. Solusinya adalah …

Solusi yang kami tawarkan adalah pembiasaan salat Dhuha sebelum belajar dimulai. Shalat Dhuha bisa menjadi solusi mengatasi peliknya problem dunia pendidikan termasuk kekerasan di sekolah. Memang bisa?

Yap, salat Dhuha adalah salat sunah yang dilakukan pada pagi hari, sekitar jam 07.30 – 10.00. Salat ini bisa dilakukan 2 rakaat sampai 12 rakaat. Sebelum menguraikan tentang manfaatnya, mari kita tinjau tentang makna dan arti dari salat.

Salat asal katanya adalah DOA. Sesunggguhnya salat adalah doa. Jika Anda perhatikan seluruh, hampir seluruhnya adalah doa. Di semua gerakan ada bacaan yang berisi doa. Jika Anda atau saya melaksanakan salat sesuai dengan asal maknanya (DOA) maka salat sungguh bisa mencegah perbuatan munkar (perbuatan buruk/dhalim). Itu kalau Anda atau saya salatnya benar dan betul.

Dhuha artinya waktu Dhuha. Salat Dhuha sering Rasulullah lakukan bahkan hampir setiap hari. Mengapa? Kalau kita perhatikan makna doa sesudah slat Dhuha, maka barulah kita menyadari betapa pentingnya salat Dhuha. Waktu kecil, saya menggunakan salat dhuha untuk kepentingan mencari ‘teman’, ada yang menggunakan Salat Dhuha untuk menarik rizki agar jadi kaya. Coba kita perhatikan dengan seksama isi dari Doa Sesudah Salat Dhuha :

Ya Allah, sesungguhnya Dhuha ini adalah Dhuha-Mu, penjagaan ini adalah penjagaan-Mu, kesempurnaan ini adalah kesempurnaan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, kehendak ini adalah kehendak-Mu. Ya Allah seandainya rizkiku di bumi maka keluarkanlah, jika dilangit turunkanlah, jika jauh dekatkanlah, jika haram sucikanlah, jika sulit mudahkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, penjagaan-Mu, kesempurnaan-Mnu, kehendak-Mu dan kekuatan-Mu. Ya Allah berilah kebaikan dan kekuatan agar kami selalu menjadi hamba-Mu (maaf artinya tidak lengkap, tapi gambaran besarnya seperti itu)

Bisakah Shalat Dhuha menjadi solusinya?

Ya bisa. Jika setiap hari anak salat dengan salat yang betul dan khusyu’, Insya Allah anak akan menjadi lebih baik.

2 Tanggapan to "Kekerasan di Sekolah, dan sebuah solusinya."

Ustadz,

Assalaamu alaikum….

Kenal “rumah ilmu indonesia”?

Wah, enggak tahu mas. Coba aja lihat di http://www.rumahilmuindonesia.net

Salam buat keluarga ya. Pada sehat khan?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Bersama Buah Hati

Qoniah Zaina MILLADUNKA

Kumpulan Tulisanku

PROGRAM UTAMA

Meninggal Dengan Karya. Sebuah program yang akan membantu Anda untuk bisa menghasilkan satu karya yang bermanfaat untuk orang lain. Bersama, kita hasilkan sebuah karya untuk bekal akherat. Jika detik ini Anda dipangil Allah. Kemudian ditanya : Karya Apa Yang Pernah Kamu Buat Untuk Orang Lain? Bisakah Anda menjawabnya .. Gabung bersama Program ini, Anda akan bisa menghasilkan sebuah karya hebat Anda yang bisa Anda jadikan jawaban pertanyaan di atas kelak di AKHERAT. Insya Allah. GRATIS wallpaper Program ini. Selain dalam bentuk ebook, kami berikan program ini dalam bentuk WALLPAPER untuk PC Anda. Buruan!!
%d blogger menyukai ini: